Babo, Fajar Papua
Bertempat di SD Inpres Babo, Senin (17/7) lalu diadakannya serah terima jabatan kepala sekolah dasar (SD) YPPK Yaru dan Aroba oleh Kepala Seksi pengembangan pendidikan dasar dan kurikulum Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata (P K & P) Kabupaten Teluk Bintuni, P.E. Nafurbenan. Serah terima jabatan yang dilakukan selama sehari dihadiri Kadistrik Babo yang diwakili oleh Staf Harian, Kepala Kampung Babo, Kepala Kampung Yaru dan Aroba, kepala-kepala sekolah dilingkungan SD negeri dan swasta babo, PSW YPPK babo, Tokoh Masyarakat serta para undangan lainnya. Kepala sekolah lama yakni, Engel Yawehni (Kepsek Lama SD YPPK Yaru) dan Melianus Arfa (Kepsek Lama SD YPPK Aroba), selaku pihak pemerintah menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian selama ini. Kepada kepala yang baru yakni, Yanuarius wamburie selaku Kepsek SD YPPK Yaru dan Petrus Trorba Kepsek SD YPPK Aroba untuk tetap memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan managemen sekolah. Demikian ungkap Kasi Pendas Dinas P K & P Kabupaten Teluk Bintuni, P.E. Nafurbenan dalam sambutannya pada saat serah terima, senin lalu. Ungkapnya lebih rinci, mengingat karena fakta umum telah menunjukkan bahwa dalam mengelolah sekolah diperlukan suatu rencana yang terinci, sehingga tidak terjadi pelaksanaan yang tumpang tindih disebabkan oleh kurang koordinasi, komunikasi yang kurang interaktif, kurang motivasi, tidak transparan, kurang teliti dan kurang dipahami didasarkan atas tugas dan fungsi organisasi.Kurang terprogramnya perencanaan sekolah, tegas Nafurbenan disebabkan karena prestasi kerja yang dicapai oleh sekolah tidak maksimal. Dari ketidakmaksimal itu sering ditimpahkan kepada bawahan yaitu Staf/Guru dengan menyatakan pada mereka bahwa mereka kurang terampil, malas bekerja, hanya menungguh perintah saja bahkan mereka dicap sebagai staf/guru yang kurang disiplin. Dari sisi staf/guru berpendirian sebaliknya bahwa kesalahan itu adalah ulah dari kepala sekolah. Dimana hambatan-hambatan pelaksanaan tugas tersebut diatas, perlu segera diatasi dengan membangun suatu sistem yang dapat menjamin kepala sekolah, sehingga kepala sekolah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal.“Hal ini sangat dipahami oleh Dinas P K & P kabupaten teluk bintuni karena masih banyak kelemahan-kelemahan yang perlu dibenahi. Untuk itu perlu diberikan salah satu teknik peningkatan kenerja kepala sekolah yang cukup sederhana akan tetapi jelas terperinci dan komprehensif yang dapat dengan jelas menggambarkan pekerjaan dari kepala sekolah. Dari cermin pelaksanaan tugas kepala sekolah sudah direncanakan untuk mengikuti penataran, pelatihan tentang kinerja kepala sekolah maupun menagemennya.Kita menyadari bahwa keberhasilan pendidikan disekolah dasar dalam memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan anak dikemudihan hari. Kepala sekolah dasar sebagai pimpinan satuan pendidikan berkewajiban untuk memberikan arahan, bimbingan, motivasi, pembinaan, peningkatan dan pengembangan para guru dan staf tata usaha serta menumbuhkan kreativitas dan produktivitas yang tinggi untuk mencapai hasil yang maksimal. Pasalnya, keberhasilan ini dapat dicapai melalui prestasi belajar siswa yang tinggi.”tegasnya kepada kepala sekolah baru. Kepada kepala sekolah diharapkan harus mempunyai kewajiban untuk melakukan kegiatan administrasi sekolah yang baik seperti, mengadakan perencanaan bulanan, semester maupun tahunan, menyusun laporan yang baik diantaranya laporan bulanan, semester maupun tahunan dan diserahkan kepada pembina pendidikan yakni dinas P K & P, serta mengawasi secara berkesinambungan terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dikelas maupun diluar kelas dan kegiatan administrasi kesiswaan, personil, keuangan dan sebaginya.Tugas dan fungsi kepala sekolah sangat luas diantaranya adalah memimpin, membina kerja sama dengan orang tua, masyarakat dan pihak terkait. Membagi habis tugas-tugas kepala sekolah kepada guru/staf, TU sesuai dengan tuntutan kurikulum. Pengayoman kepada guru dalam hal pelaksanaan pembelajaran. Menciptakan dan mengendalikan suasana kerja yang kondusif untuk mencapai tujuan yang menyenangkan, harmonis dan dinamis. Membantu memecahkan masalah yang dihadapi Guru/TU serta mendorong guru untuk mendayagunakan sarana dan prasarana SD.”tegas Kasi Pendas mengakhiri sambutannyanya. Demikian sambutannya. (jim)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment