AJU, AITA & AMA....AMAKANIE...!!!

29 November 2008

Warga Suku Mee Ikut Pelatihan KSP

TIMIKA – Sebanyak 30 warga suku Mee mengikuti pelatihan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang digelar Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) di Hotel Serayu, Jumat (28/11). Puluhan warga ini diberikan pemahaman seputar KSP melalui pemutaran film dengan judul Embro dan Pipo.
Kepala Biro Ekonomi Suku Mee, Martinus You, saat ditemui Radar Timika, Jumat kemarin mengatakan, pelatihan kali ini merupakan gelombang kedua setelah pelatihan gelombang pertama dilaksanakan Kamis (27/11).
"Masyarakat suku Mee yang ikut pelatihan ini diharapkan betul-betul mengerti apa itu KSP. Sehingga dapat mensejahterakan rakyat dan meningkatkan taraf ekonomi suku Mee," ujar Martinus.
Hal yang sama disampaikan Prastiyanto, Konsultan Biro Ekonomi Bina Swadaya LPMAK dari Jakarta. Kata dia, tujuan dari pelatihan ini adalah memberi mekanisme serta penugasan kepada masyarakat agar mereka tahu bagaimana berusaha, dan apa usaha itu serta bagaimana mereka belajar untuk menabung.
"Agar mereka bisa lihat hasil usaha itu, dan akan dipantau terus bagaimana perkembangan dari penerima bantuan dana tersbut kita akan pantau terus," ujarnya.
Lanjut dia, warga juga diajarkan bagaimana mengetahui peluang yang dilakukan, bagaimana mempunyai keterampilan, bagaimana mempunyai modal usaha yang cukup, serta bagaimana agar usaha mereka dapat mensejahterakan masyarakat.
Menurut dia, hingga kini sudah ada 34 KSP yang dibentuk Suku Mee, dan 185 kelompok swadaya masyarakat yang menggeluti 13 jenis usaha, diantaranya adalah Perikanan, Usaha Kios, Peternakan, Pertanian, dan Perkebunan.
"Tahun depan akan dilaksanakan pelatihan lanjutan yaitu pelatihan secara tekhnis. Jika tidak ada halangan, dana akan cair,cuma masih dalam proses," jelasnya. (cr-54/cr-59).

No comments: